Sunday, October 30, 2016

DOA NABI SULAIMAN

DOA NABI SULAIMAN
agar diberi kerajaan dan hikmah

Sulaiman adalah seorang nabi, putra dari Nabi Daud. Ia pernah berdoa kepada Allah agar diberi kerajaan, lain dari yang lain, yang tidak akan diberikann-Nya  kepada siapa pun sebelum atau sesudahnya. Dalam doanya ia mengatakan,

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, Sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Pemberi."
QS. Shad:35)

Al-Qurthubi mengatakan, "sungguh permintaan Nabi Sualiman ini jauh dari permintaan duniawi atau untuk kepentingan dunia semata, karena ia adalah serang nabi yang sangat zuhud, sama seperti nabi-nabi lainnya. Ia minta kerajaan itu hanya karena Allah semata bukan memperturutkan kemaran dan hawa nafsunya, sebagaimana Nabi Nuh meminta kepada Allah agar kaumnya dibinasakan. At-Tafsir (15/133)
Dengan demikian Doa kedua nabi ini adalah doa yang terpuji."

Nabi Sualiman meminta kerajaan ini haya untuk memunaikan hak-hak Allah di muka bumi, menjalankan politik kerajaan, menertibkan kedudukan mahluk-mahluk, menegakkan peraturan-peraturan, memelihara agama, mengagungkan syiar-syiar, menampakkan ibadah, dan melanggengkan ketaatan kepada-Nya.
Artinya, Nabi Sulaiman ingin agar ia benar-benar menjadi khalifa Allah dimuka bumi.

Diriwayatkan dari 'Amr Ibn 'Ash bahwa Rasulullah bersabda "Sesungguhnya Sualiman telah mengajukan tiga permintaan kepada Allah; dua di antaranya dikabukan oleh-Nya sedangkan yang satu lagi tidak, Harapan kita, permintaan yang ketiga juga itu dikabulkan juga oleh Allah. (ketiga permintaan itu adalah); Pertama agar setiap keputusannya sesuai dengan yang dikehendaki Allah; Kedua, agar kepadanya diberi kerajaan yang tidak akan diberikan-Nya kepada seorangpun selainnya setelah itu. Ketiga, agar orang orang yang keluar dari rumahnya -yang tak lain tujuannya selain untuk menunaikan sholat di masjid ini (Masjidil Haram)- bagaikan keluar dari dosa-dosanya (hingga bersih) seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya." (hadis shahi): Ibnu Majah(1408), an-Nasa'i (692) dan Ahmad (2/176) "

Sumber    : buku AL-HADI, AL-QURAN TERJEMAHAN PERKATA LATIN DAN KODE TAJWID
Penerbit : al-hadi media kreasi

2 comments:

  1. MOHEGAN SUN - Casino & Hotel, Las Vegas - JTM Hub
    A 10,000-square-foot, 4,280-square-foot resort offers accommodations, dining 안양 출장안마 and shopping with more 익산 출장안마 than 군산 출장마사지 2,300 slots, 서귀포 출장안마 25 양주 출장마사지 tables of

    ReplyDelete